3 Resep Masakan Khas Jogja dengan Rasa yang Otentik dan Mudah Dibuat

Posted on

Setiap daerah di Indonesia masing-masing memiliki masakan khas yang beragam. Karena itu tak heran jika Indonesia kaya akan kuliner. Jogjakarta, selain dikenal dengan salah satu daerah yang masih menjunjung tinggi budaya aslinya, juga dikenal karena keragaman masakan tradisionalnya. Salah satu masakan yang terkenal dari Jogja adalah gudeg. Namun, masih ada berbagai jenis makanan khas lain yang bisa Anda coba. Beberapa resep makanan khas Jogja berikut mungkin bisa menjadi inspirasi Anda untuk membuat sendiri masakan tradisional dari Jogja.

Ingin Membuat Sendiri Resep Masakan Khas Jogja? Cobalah Resep di Bawah ini

1. Gudeg Jogja

Jika berbicara masakan tradisional dan khas dari Jogja, semua pasti akan langsung menyebut gudeg. Ya, masakan ini memang sudah terkenal karena kekhasan cita rasa dan kelezatannya. Beberapa gudeg yang dijual di Jogja bahkan merupakan hasil resep masakan khas Jogja yan turun temurun dari nenek moyang. Kalau Anda ingin membuat sendiri masakan ini, Anda harus menyiapkan bahan utamanya, yaitu nangka muda. Bahan lain yang menjadi pelengkap adalah telur rebus yang sudah dikupas. Sedangkan untuk bumbunya, ada daun salam, lengkuas, santan, bawang merah dan putih, ketumbar, kemiri, garam dan yang paling penting adalah gula merah. Cara membuatnya adalah sebagai berikut.

  • Untuk membuat rasa gudeg yang otentik, Anda bisa menutupi dasar panci yang akan digunakan untuk merebus nangka muda dengan daun jati terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar nangka mudanya bisa berwarna merah. Untuk merebusnya, gunakan api kecil saja dan rebus hingga nangka muda berubah menjadi empuk.
  • Masukkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah 10 siung, bawang putih 5 siung, ketumbar 1sdm, kemiri 6 butir, garam secukupnya dan gula merah sebanyak 200gr yang sudah diiris halus. Setelah itu masukkan juga santan sebanyak 1.000ml.
  • Setelah bumbu-bumbunya dimasukkan, selanjutnya masukkan nangka muda yang sudah dimasak sebelumnya, ayam bacem dan telur rebus di urutan paling akhir. Kemudian tambahkan lengkuas dan daun salam untuk memperkuat aromanya. Masak hingga air yang ada di dalam panci habis dan gudeg pun siap dihidangkan.

2. Baceman

Selanjutnya adalah makanan yang juga sering dihidangkan bersama dengan gudeg, yaitu baceman. Untuk membuat resep masakan khas Jogja satu ini, bahan yang dibutuhkan antara lain tempe yang sudah dipotong kotak, tahu putih, air kelapa sebanyak 500ml, lengkuas, air asam kental, daun salam, gula merah dan minyak goreng. Jika semua bahan sudah siap, ikuti cara memasaknya seperti berikut.

  • Siapkan dulu bumbu halus yang terdiri dari 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, ketumbar ½ sdt, kemiri 1 butir dan garam secukupnya. Setelah dihaluskan campurkan bumbu halus dan air kelapa lalu masak dalam api sedang sampai bumbu dan air kelapanya menyatu.
  • Masukkan tempe dan tahu yang sudah dipotong kotak-kotak atau dipotong sesuai selera ke dalam bumbu yang sudah dimasak. Jangan lupa masukkan lengkuas, gula merah dan air asam kental. Masak hingga bumbu meresap dengan api kecil.
  • Setelah air rebusan berkurang atau benar-benar kering, angkat dan tiriskan tempe dan tahu yang sudah dimasak. Selanjutnya goreng tempe dan tahu tersebut di dalam minyak panas. Jangan menggoreng terlalu lama karena akan membuat bacemannya hancur. Angkat dan baceman pun siap dihidangkan.

3. Trancam

Jika biasanya resep masakan khas Jogja identik dengan rasanya yang manis, namun tidak dengan masakan satu ini. Trancam adalah salah satu masakan tradisional Jogja dengan cita rasa yang sedikit pedas. Untuk membuat masakan ini, bahan yang disiapkan adalah kacang panjang yang sudah dipotong kecil-kecil, mentimun yang juga dipotong kecil-kecil, taoge pendek, daun kemangi, setengah butir kelapa yang setengah tua dan sudah diparut. Cara membuatnya:

  • Bahan paling penting dalam resep masakan khas Jogja satu ini ada pada bumbunya yang dihaluskan, yaitu terdiri dari bawang putih 2 siung, cabai merah besar yang sudah dibuang bijinya 3 buah, cabai rawit 4 buah, kencur 1 ruas, daun jeruk 1 lembar, garam dan gula jawa secukupnya. Haluskan bumbu-bumbu ini.
  • Setelah semua bahan bumbu ini dihaluskan, tambahkan kelapa setengah tua yang sudah diparut sebelumnya. Kemudian campur hingga bumbu tercampur merata dengan kelapa parut. Setelah itu masak dengan cara dikukus selama lebih kurang 15 menit.
  • Untuk menghidangkan trancam, campurkan sayuran yang terdiri dari kacang panjang dan timun yang dipotong kecil-kecil dengan bumbu kelapa yang sudah dimasak. Aduk hingga bumbu dan sayuran merata.

Itulah tadi 3 resep masakan khas Jogja yang memiliki cita rasa yang lezat dan cara membuatnya pun sangat mudah. Bagaimana, tertarik untuk membuatnya?