6 Langkah Cara Membuat Kue Fruit Leather Jambu Biji

Posted on

Pada postingan kali ini Resep Kita ingin berbagi cara membuat kue fruit leather dari buah jambu. Fruit leather sendiri adalah jenis jajanan atau makanan yang dibuat dari bubur daging buah yang dikeringkan. Dengan cara pengolahan seperti ini maka buah akan memiliki daya simpan yang cukup lama, bahkan kabarnya bisa mencapai 1 tahun dengan kondisi dan kemasan yang baik.

Seperti kita tahu, buah-buahan umumnya berbuah pada musim tertentu dengan daya simpan yang tidak lama. Hal ini menyebabkan kita tidak bisa mengkonsumsinya sepanjang tahun ataupun setiap saat diinginkan. Karena itulah kemudian muncul ide dan cara dalam menyiasati kondisi tersebut dengan membuat bermacam olahan kue atau makanan ringan agar bisa dinikmati setiap saat.

Selain itu cara membuat kue semacam ini juga berguna untuk memperpanjang masa atau waktu simpan buah-buahan sekaligus memberikan nilai tambah secara ekonomis. Ada bermacam bentuk olahan makanan yang menggunakan buah sebagai bahan bakunya. Diantaranya ada yang dibuat jelly, selai, jam, sari buah, manisan buah, ataupun dibuat fruit leather

Untuk pembuatan fruit leather sendiri bisa dilakukan terhadap berbagai jenis buah. Namun kali ini kita akan membahas resep membuat fruit leather dari buah jambu biji karena harganya yang relative murah, mudah diperoleh, dan rasanya yang khas dan enak.

Inilah Cara Membuat Kue Fruit Leather

Secara umum cara membuat kue fruit leather dilakukan melalui proses pengeringan. Pengeringanbisa dilakukan dengan cara penjemurah di bawah terik matahari ataupun dengan menggunakan alat oven. Sebelum membahas proses pembuatannya, sebaiknya siapkan terlebih dahulu bahan yang diperlukan yang terdiri dari buah jambu biji segar, asam sitrat, aquades, gula pasir, dan air.

Sedangkan untuk tahapan cara membuat kue fruit leather jambu biji dilakukan sebagai berikut:

  1. Cuci buah jambi biji yang telah disiapkan dengan air untuk membuang berbagai kotoran yang menempel. Dalam memilih jambu biji pilihlah yang memiliki tingkat kematangan yang sama dan lakukan sortasi untuk membuang yang busuk.
  2. Setelah bersih lalu kupas dan buang bagian kulit dan bijinya dan hanya daging buahnya saja yang diambil.
  3. Hancurkan dan lembutkan daging buah jambu biji dengan menggunakan blender. Bubur buah yang sudah diblender lalu dimasukkan dalam wadah terpisah.
  4. Campurkan bahan-bahan lain pada bubur buah seperti asam sitrat 0,2 persen dan gula pasir sebanyak 10 hingga 20 persen dari total berat bubur buah kemudian aduk hingga rata.
  5. Adonan bubur buah kemudian dimasukkan ke dalam loyang untuk dicetak dalam bentuk lembaran atau sesuai bentuk yang diinginkan. Lalu masukkan Loyang ke dalam oven untuk proses pengeringan dengan suhu sekitar 50 derajat celcius selama sehari semalam atau 24 jam.
  6. Setelah jadi, angkat loyang dan potong-potong fruit leather sesuai kebutuhan. Anda juga bisa mengemas kue fruit leather itu dalam kemasan yang menarik untuk dijual sebagai produk bisnis.

Demikianlah cara membuat kue fruit leather jambu biji yang semoga berguna untuk anda dalam mengolah buah agar memiliki nilai ekonomis yang tinggi.