Cara Membuat Sosis Ikan Tongkol Ampas Tahu yang Lezat

Posted on

Cara membuat sosis umumnya dilakukan dengan menggunakan daging sapi ataupun ayam. Amat jarang orang membuat sosis dari ikan, baik ikan air laut maupun air tawar. Terlebih dengan kekayaan sumber daya laut yang begitu melimpah, tentunya perlu dimanfaatkan untuk memberikan alternatif produk makanan yang bergizi.

Begitu juga dengan tahu yang merupakan makanan penuh gizi yang sangat digemari masyarakat. Dalam proses penbuatan tahu dari bahan baku biji kacang kedelai, selalu ada limbah yang seringkali dibuang dan tidak digunakan. Limbah ampas tahu ini tidak bernilai ekonomis dan dapat menggangu lingkungan karena jika terlalu lama tidak dimanfaatkan akan menyebarkan bau kurang sedap. Limbah ini seringkali hanya dibuang atau dijadikan campuran makanan ternak.

Namun tahukah anda bahwa dalam limbah ampas tahu ternnyata masih mengandung gizi yang cukup besar. Kandungan protein dalam ampas tahu ternyata masih cukup tinggi yang mencapai tak kurang dari 17 persen dari nutrisi biji kedelai yang tertinggal dalam proses pengolahan pembuatan tahu. Kualitas protein ini pun cukup baik sehingga masih bisa dimanfaatkan untuk diolah untuk pembuatan bahan makanan lainnya.

Begitu juga dengan ikan tongkol termasuk jenis ikan yang memiliki kandungan nutrisi yag terbilang lengkap dan sangat baik untuk tubuh. Apalagi ikan tongol sellau tersedia sepanjang tahun mengingat posisi geografis lauan Indonesia yang memungkinkan terbentuknya lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan ikan ini. Ikan tongkol pun sudah sangat popular dan disukai masyarakat.

Tahapan Cara Membuat Sosis Ampas Tahu Ikan Tongkol

Untuk cara membuat sosis ikan tongkol dan ampas tahu kita akan menggunakan dua jenis bahan ini sebagai bahan utamanya. Ikan tongkol sangat mudah diperoleh karena sellau tersedia di pasar dengan harga yang relative murah. Sedangkan ampas tahu juga mudah diperoleh tanpa biaya dengan mendatangi pedagang atau pabrik pembuatan tahu.

Sedangkan untuk bahan lainnya yang diperlukan meliputi gula, MSG, NaCl, pala, lada halus, kondimen, bawang putih, bawang merah, kacang merah, tepung tapioka, es, dan air. Sedangkan peralatan yang perlu disiapkan antara lain blender, alat pengisi sosis, loyang alumunium, alumunium coil, tunnel dyer, sendok, pisau, talenan, timbangan, baskom, chopper, tungku pengasapan, panci, serta kain saringan.

Sedangkan untuk tahapan cara membuat sosis atau proses pembuatannya meliputi:

  1. Terlebih dahulu ikan tongkol dibersihkan untuk memisahkan daging ikan dengan bagian lainnya yang tidak diperlukan seperti kepala, ekor, isi perut, tulang, dan bagian lainnya. Daging ikan lalu dilumatkan dengan menggunakan chooper, setelah itu diblender lagi agar lebih halus. Untuk menjaga kondisi bubur ikan tongkol agar tetap segar tambahkan es. Setelah itu lakukan pula pengepresan terhadap bahan ampas tahu untuk membuang sisa kadar air yang masih ada baru kemudian ampas tahu digiling dan dilembutkan juga dengan menggunakan blender.
  2. Campurkan daging ikan tongkol dan ampas tahu yang telah menjadi bubur dalam satu adonan. Tambahkan bumbu dapur lainnya agar rasanya enak. Setelah itu tambahkan tepung tapioka sebagai bahan pengikat dan juga tepung kacang merah sebagai stabilizer. Perlu diperhatikan perbandingan ikan tongkol dengan ampas tahu adalah 3:2 atau 1:1, sedangkan untuk tepung tapioka maupun kacang merah sekitar 5 hingga 10 saja dari adonan ikan tongkol danampas tahu.
  3. Setelah semua adonan menyatu lalu masukan dalam selongsong sosis dengan alat pengisi sosis dan ikat dengan ukuran panjang kira-kira 10 cm. Kemudian dilakukan pengasapan dengan suhu 50 hingga 60 derajat celcius dalam waktu selama 90 menit. Selanjutnya lakukan perebusan selama selama 15 menit dengan suhu 60 -65 derajat celcius.
  4. Tahap terakhir cara membuat sosis ikan tongkol ampas adalah dengan pendinginan agar sosis olahan baru siap untuk dimasak.

Nah gimana mudah kan sosis ini bisa dipadukan dengan Langkah Mudah Cara Membuat Roti dari Biji Nangka