Cara Sehat Mengolah Daging Merah Beserta Contoh Olahannya

Posted on

Daging adalah bahan makanan yang disukai hampir semua orang. Daging merah atau daging sapi terutama, adalah jenis daging yang paling banyak diolah untuk menjadi makanan. Sayangnya, banyak orang yang tidak tahu cara mengolah daging merah yang baik dan benar agar nutrisi di dalamnya tidak hilang. Karena itu Anda harus tahu cara sehat mengolah daging merah yang benar agar tidak menimbulkan resiko penyakit yang disebabkan karena kolesterol maupun kandungan lain di dalam daging merah.

Advertisements

Bagaimana Cara Sehat Mengolah Daging Merah yang Benar?

Ada banyak resiko yang bisa ditimbulkan jika Anda tidak mengolah daging merah atau daging sapi dengan cara yang benar. Untuk menghindari resiko tersebut, ada cara sehat mengolah daging merah atau daging sapi yang bisa Anda terapkan. Misalnya ketika Anda ingin memasak daging sapi, usahakan untuk tidak merendamnya terlalu lama agar nutrisi di dalamnya tidak hilang. Teknik memasaknya juga harus disesuaikan dengan jenis masakan yang akan Anda buat. Misalnya ketika Anda ingin membuat sop tomat daging asap berikut ini.

Cara Sehat Mengolah Daging Merah Beserta Contoh Olahannya
https://resepkita.net

Untuk membuat sop tomat daging asap bahan-bahan yang dibutuhkan adalah100 gram daging asap atau bisa diganti dengan daging bagian lidah yang sudah direbus beberapa kali dengan mengganti air rebusannya. Cara sehat mengolah daging merah dengan cara direbus ini adalah dengan memasukkan daging saat air belum mendidih agar daging bisa lebih cepat empuk dan kaldunya lebih enak. Selain itu, potong daging dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar lebih cepat empuk. Jika Anda menggunakan daging beku, jangan langsung memasukkan daging ke dalam air panas untuk melelehkan daging yang beku. Diamkan dulu daging dalam suhu ruangan hingga benar-benar meleleh sebelum memasaknya.

Selain itu, saat mengolah daging untuk sop yang paling penting buang dulu bagian lemaknya. Cara ini adalah cara sehat mengolah daging merah yang harus Anda lakukan jika ingin mengolahnya menjadi olahan sop atau semur. Adanya lemak ini akan meningkatkan kolesterol di dalam masakan Anda nantinya. Bahan selanjutnya untuk membuat sop tomat daging asap ini adalah:

  • Tomat matang 10 buah
  • Air 1 liter
  • Penyedap rasa
  • Daun seledri diikat 50gr
  • Pasta 100gr, rebus setengah matang dengan garam dan minyak
  • Lada ½ sdt
  • Pala bubuk ½ sdt
  • Saus tomat 2sdm
  • Gula pasir 2sdm
  • Margarin 1sdm
  • Tepung maizena 1sdm kemudian dilarutkan dengan air

Langkah Memasak:

  • Rebus tomat yang sudah matang dengan air sebanyak 1 liter. Setelah matang, haluskan lalu saring dan buang ampasnya.
  • Tumis bawang bombay, dengan margarin yang sudah dilelehkan sebelumnya. Tumis hingga sedikit layu dan aromanya keluar. Jika sudah layu, masukkan sari tomat yang sudah disaring dari ampasnya.
  • Rebus sari tomat yang sudah dimasak dengan bawang bombay ini lalu tambahkan pala, lada, penyedap rasa, gula, tomat pasta dan seledri. Masak dengan api kecil hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan pasta yang sudah dimasak setengah matang bersama garam dan minyak sebelumnya.
  • Tunggu hingga 10 menit lalu terakhir tinggal masukkan daging asap dan sosis sapi yang sudah dipotong kecil-kecil. Masak sebentar dan sop tomat daging asap pun siap dihidangkan.

Selain cara memasaknya, cara sehat mengolah daging merah juga bisa dilakukan dengan cara penyimpanan yang benar. Jika daging tidak langsung dimasak, Anda harus menyimpan daging pada suhu yang tepat agar nutrisi di dalamnya tidak rusak. Saat menyimpan, usahakan agar daging diletakkan di dalam wadah yang memiliki penutup dan simpan di freezer pada suhu 3-4°C. Atau jika tidak dimasak untuk waktu lama simpan di freezer pada suhu -18°C untuk membuat daging tetap segar.

Cara sehat mengolah daging merah selanjutnya adalah dengan memperhatikan suhu memasak. Di dalam daging merah terdapat berbagai kandungan bakteri yang bisa membahayakan kesehatan jika dikonsumsi. Untuk itu, agar bakteri tersebut mati dan hilang sepenuhnya, suhu memasak yang tepat juga harus diperhatikan. Pastikan saat memasak daging, Anda menggunakan suhu memasak di atas 71°C agar bakteri di dalam daging mentah bisa mati sepenuhnya.

Itulah tadi cara sehat mengolah daging merah yang benar agar nutrisinya tidak hilang dan tidak membahayakan kesehatan saat dikonsumsi. Dengan satu contoh cara mengolah daging merah dan contoh olahannya, Anda bisa memahami lebih baik bagaimana cara mengolah daging merah yang baik dan benar.