Kenali Cara Memasak Ikan untuk Diet Yang Benar

Posted on

Selama ini mungkin banyak orang yang sudah tahu cara memasak ikan untuk diet. Namun apakah anda sudah yakin bahwa apa yang anda lakukan sudah benar dan memberikan hasil diet seperti yang diharapkan?

Ikan merupakan makanan yang dihasilkan dari dua sumber yang berbeda, yaitu jenis ikan air laut dan ikan air tawar. Kedua jenis ikan ini memiliki kandungan nutrisi yang saangat berbeda karena lingkungan hidupnya yang berlaainan. Beberapa ikan laut yang cukup popular dan sangat disukai antara lain ikan tongkol, tengiri, salmon, sarden, dan lainnya. Sedangkan ikan air tawar yang terkenal antara lain ikan patin, nila, bawal, mujahir, dan lainnnya.

cara memasak ikan untuk diet

Untuk kepentingan diet menurunkan berat badan, ikan laut memiliki banyak keunggulan dibandingkan ikan air tawar. Selain kandungan nutrisinya yang jauh lebih baik, ikan laut juga lebih lezat saat diolah menjadi beragam jenis makanan. Khususnya kandungan asam lemak omega 3 yang tidak ditemukan di ikan air tawar. Namun tidak semua jenis ikan laut baik untuk diet maupun lezat saat dikonsumsi.

Jenis ikan Laut yang Enak Dimasak

Jika anda gemar memasak, mengenal beragam jenis ikan laut akan memberikan banyak manfaat. Di bawah ini ragam jenis ikan laut yang sebaiknya anda tahu.

Jenis Ikan Putih

Ikan ini dicirikan dengan jenis kulitnya yang tembus cahaya, seperti ikan haddock, plaice, kod, dan ikan sole. Namun saat dimasak, warnanya akan berubah menjadi putih. Paling lezat ikan jeniss ini dimasak dengan banyak minyak atau deep fried maupun dengan digoreng tepung.

Jenis Ikan Berlemak

Yang masuk dalam kelompok ini antara lain ikan salmon, sarden, dan forel yang dikenal tinggi kandungan omega 3 dan lemaknya. Ikan jenis ini umumnya dimasak dengan cara dipanggang, dikukus, ataupun dibakar.

Jenis Ikan Cangkang

Yang masuk dalam kelompok ini sebenarnya bukan ikan melainkan jenis hewan laut lain namun juga memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Tips Memasak Ikan Laut untuk Diet

Setelah mengetahui beragam jenis ikan laut, selanjutnya anda juga perlu mengetahui cara memasak ikan laut yang benar agar program diet yang anda jalankan memberikan hasil yang optimal.

Berikut ini beberapa tips memasak ikan laut untuk diet yang sebaiknya anda tahu.

Tips Merebus Ikan

Memasak dengan merebus ikan sebaiknya dilakukan dengan banyak air hingga ikan terendam. Tutup panci hingga rapat. Sebelum mendidih, sebaiknya tambahkan bawang bombay, wortel, garam, ataupun bumbu lainnya untuk menambah sedap masakan.

Tips Mengukus Ikan

Untuk mengukus ikan bisa menggunakan beberapa alat, seperti microwave ataupun dengan cara tradisional dengan kukus anyaman bambu. Sebelum dikukus, cuci dan bersihkan sisiknya. Anda bisa mengukus ikan utuh ataupun dengan dipotong sesuai selera.

Selanjutnya masukkan ikan dalam wadah tahan panas yang sudah dilapisi minyak. Agar lebih lezat, tambahkan perasan jeruk lemon, daun kemangi, irisan lokio, bawang putih, bawang bombay iris, daun ketumbar, jintan putih bubuk, lada, cengkeh, sedikit kecap asin, garam, dan biji wijen.

Tips Membuat Ikan Panggang

Tidak semua ikan mudah dimasak dengan cara dipanggang. Ikan salmon, todak, ataupun ikan halibut lebih tepat dipanggang karena ukurannya yang besar dan lebih zat dengan cara ini. Sebaliknya, jenis ikan kod atau sole tidak cocok dipanggang karena mudah hancur.

Memasak ikan dengan cara dipanggang bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti dengan memanfaatkan oven maupun dengan langsung meletakkan ikan di atas perapian. Jika memanggang dengan oven, sebaiknya ikan dilapisi dengan aluminium foil saat proses memasak untuk menghemat waktu memasak.

Dalam memanggang ikan di atas arang sebaiknya awali dengan api kecil terlebih dahulu sebelum ke api besar. Sebelumm memanggang ikan, sebaiknya lapisi alat pemanggangnya dengan minyak agar ikan tidak lengket.

Itulah beberapa tips yang simpel tentang cara memasak ikan untuk diet yang benar agar memberikan hasil yang optimall untuk menurunkan berat badan ataupun untuk kesehatan tubuh.