Kreasi Cara Membuat Yoghurt dari Kacang Tanah

Posted on

Tahukah anda bagaimana cara membuat yoghurt dari kacang tanah dan apa pula kelebihan bahan kacang tanah untuk pembuatan susu fermentasi?

Seperti kita tahu, yoghurt sebagai produk makanan olahan fermentasi sangat popular dan merupakan jenis minuman instan yang banyak disukai masyarakat. Rasanya yang asam manis sangat berbeda dengan rasa susu biasa. Mengkonsumsi yoghurt juga tidak membuat perut mual yang umumnya terjadi jika kita mengkonsumsi susu.

Yoghurt umumnya dibuat dari susu hewani, terutama dari susu sapi. Namun seiring popularitas susu kacang kedelai sebagai susu alternatif selain susu sapi, pembuatan yoghurt dari bahan non-hewani pun turut berkembang. Namun untuk pembuatan yoghurt dari kacang-kacangan ini kita tidak akan membahas penggunaan susu kacang kedelai melainkan menggunakan kacang tanah sebagai bahan bakunya.

Kacang tanah diketahui memiliki kandungan kalori tinggi yang sangat baik untuk kesehatan. Diantaranya kandungan proteinnya sekitar 28 persen yang didalamnya terdapat berbagai jenis asam animo. Begitu juga kandungan lemak kacang tanah sekitar 47 dengan jenis lemak tidak jenuh.

Langkah Cara Membuat Yoghurt Kacang Tanah

Untuk cara membuat yoghurt dari kacang tanah dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan berbagai bahanyang dibutuhkan. DIantaranya bungkil kacang tanah sebagai bahan utama dan susu bubuk skim, gelatin, serta bibit yoghurt. Sedangkan peralatan yang juga perlu disiapkan meliputi blender, gelas ukur, cawan, oven, waskom, pengaduk, sendok, serta kain saring atau saringan.

Untuk proses pembuatan yoghurt kacang tanah dilakukan sebagai berikut:

  1. Langkah pertama cara membuat yoghurt kacang tanah adalah membersihkan dan melakukan sortasi antara bungkil utuh dengan kotoran maupun bungkil berwarna coklat kehitaman yang perlu disingkirkan. Langkah selanjutnya dengan perendaman selama sekitar 12 jam agar bungkil lebih mudah untuk dihancurkan, dan dilanjutkan dengan ditiriskan.
  2. Setelah cukup kering lalu bungkil kacang tanah dikukus sekitar 25 menit guna melunakkan bungkil maupun untuk membunuh bakteri maupun mikroba.
  3. Bungkil yang telah dikukus kemudian dilembutkan dengan menggunakan blender dan saring dengan menggunakan kain saring yang lembut.
  4. Selanjutnya tambahkan susu bubuk skim dalam bungkil kacang tanah dengan perbandingan 1:5 dan aduk hingga rata. Tambahkan gula secukupnya jika diperlukan dan sedikit garam dan air untuk memperoleh rasa yang pas. Aduk hingga membentuk adonan yang merata.
  5. Langkah berikutnya dilakukan pasteurisasi dengan pemanasan pada suhu 80 hingga 90 derajat celcius. Lakukan hal ini selama 30 menit sambil dengan mengaduk-aduk adonan tersebut. Selanjutnya didinginkan sampai agak hangat atau pada suhu sekitar 40 derajat celcius.
  6. Tahap selanjutnya adalah inokulasi starter yang dilakukan dengan menanamkan bibit yoghurt ke dalam adonan yang hangat itu. Selanjutnya masukkan dalam incubator selama sekitar 24 jam atau sehari semalam dengan suhu 37 derajat celcius.
  7. Setelah selesai lalu wadah dipindahkan ke dalam kulkas atau lemari pendingin guna menghentikan aktivitas lactobacillus bulgaricus dan sterptococus pada proses fermentasi tersebut. Itulah cara membuat yoghurt dari kacang tanah yang penuh gizi dan tak kalah lezatnya dari susu sapi.

Yoghurt ini cocok disazikan bersama Roti dari Biji Nangka