Langkah Mudah Cara Membuat Kulit Lumpia Bermutu

Posted on

Ternyata cara membuat kulit lumpia tak semudah seperti yang dipikirkan orang. Bila anda mengira bahwa membuat kulit lumpia yang berbentuk lembaran tidak sulit maka anda salah besar. Jika dalam pembuatan adonan dilakukan tidak tepat dan lembaran kulitnya tidak berkembang optimal, maka lumpia pun tidak akan bisa dibuat dengan baik. Selain bentuknya pecah dan kasar, rasanya juga kurang renyah dan membuat kualitas lumpia secara keseluruhan akan terganggu.

Advertisements

Lumpia termasuk salah satu jenis makanan gorengan yang banyak digemari. Bentuk makanan ini dibuat dari lembaran kulit lumpia yang membungkis isi lumpia yang terdiri dari berbagai bahan sayuran, seperti wortel, kecambah, serta isian tambahan seperti cacahan daging ayam atau sapi. Kenikmatan dan kelezatan makanan lumpia salah satunya ditentukan oleh kualitas kulit lumpianya.
Kemampuan membuat lumpia yang enak akan terlihat dari kulitnya yang halus dan teksturnya tidak kasar. Bahkan menurut pengalaman para pedagang pembuat makanan khas ini, kulit lumpia yang bermutu akan sangat menentukan cita rasa lumpia saat dimakan. Kulit lumpia yang baik bisa dikenali dari bentuknya yang cukup tipis, mulus, tidak pecah, renyah, serta garing dan gurih saat dimakan.

Cara membuat kulit lumpia yang baik sangat ditentukan dalam pengolahan adonan bahannya. Proses pengadukan yang dilakukan mesti benar-benar sempurna hingga semua bahan yang bercampur menyatu dan membentuk tampilan yang homogen dan tekstur yang halus. Bahkan kabarnya, saat mengaduk adonan ini tidak bisa dilakukan terburu-buru atau ada masalah psikologis yang akan membuat adukan menjadi tidak sempurna.

Inilah Rahasia Cara Membuat Kulit Lumpia

Cara membuat kulit lumpia umumnya dilakukan dengan menggunakan bahan utama tepung terigu yang dicampur dengan telur, garam secukupnya, dan air. Untuk menambah lezat dan renyah kulit lumpia yang dihasilkan ditambahkan bahan-bahan lain yang diperlukan untuk pembuatan lebih dari 30 buah kulit lumpia yang meliputi:

  • Tepung terigu sebanyak 200 gram
  • Putih telur 150 ml
  • Minyak sayur sekitar 2 sendok makan
  • Garam 1 sendok teh
  • Air 200 ml

Sedangkan untuk proses cara membuat kulit lumpia adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan tepung terigu dengan sedikit garam dan aduk hingga merata. Dengan tetap mengaduk, masukkan pula putih telur hingga merata dalam adonan. Proses pengadukan terus dilakukan sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan menyatu dan halus. Setelah benar-benar merata dan adonan terlihat halus diamkan adonan tersebut sekitar 40 menit.
  2. Sebelum menggoreng adonan siapkan wajan yang bersih dan panaskan di atas api yang kecil terlebih dahulu agar panasnya merata pada seluruh areal wajan. Tahap ini sangat penting agar hasil gorengan kulit lumpia lebih sempurna. Setelah itu gunakan kuas dengan permukaan agak lebar untuk mengolesi wajan dengan minyak.
  3. Untuk menggoreng adonan yang telah siap sebaiknya juga menggunakan kuas agar ketebalan kulit lumpia merata. Caranya, celupkan kuas ke adonan dan oleskan pada wajan hingga rata. Angkat hasil gorengan setelah bagian pinggir kulit lumpia terkelupas atau terangkat. Angkat dan letakkan di wadah yang telah dilapisi plastik agar tidak lengket. Goreng hingga semua adonan habis dan kulit lumpia pun siap diisi dan diolah sesuai pesanan.

Demikian sedikit tips dan langkah mudah membuat kulit lumpia. Untuk menghasilkan kulit lumpia yang berkualitas kadang dibutuhkan pengalaman dan tidak sekali jadi. Semoga artikel tentang cara membuat kulit lumpia yang lezat ini berguna untuk anda yang membutuhkan dan bisa dipraktekkan di rumah sebagai hidangan keluarga yang lezat.