Penuhi Kebutuhan Gizi Anak dengan Resep Camilan untuk Anak yang Lezat dan Bergizi

Posted on

Anak biasanya suka rewel dengan makanan yang dikonsumsinya. Setiap orang tua pasti ingin memberikan makanan yang bergizi tinggi untuk anak-anaknya. Sayangnya, makanan atau camilan yang bergizi itu kadang tidak disukai anak-anak karena rasanya yang tidak enak. Lalu adakah resep camilan untuk anak yang bergizi dan juga lezat sehingga bisa disukai anak-anak? Tentu saja ada. Berikut beberapa diantaranya.

Advertisements

3 Resep Camilan untuk Anak, Mudah Dibuat, Lezat dan Pastinya Bergizi

Memilihkan camilan untuk anak tidak boleh asal. Camilan untuk anak-anak harus tetap memenuhi kandungan gizi yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhannya. Namun tak jarang anak lebih memilih camilan yang tidak sehat karena rasanya yang lebih lezat. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba beberapa resep camilan untuk anak yang lezat dan bergizi berikut ini.

1. Roti Gulung Sayuran Keju

Untuk membuat salah satu resep camilan untuk anak yang lezat dan sehat ini, bahan yang dibutuhkan cukup mudah ditemukan. Anda hanya membutuhkan 6 lembar roti tawar yang sudah dipipihkan, keju cheddar 6 lembar, mayonaise, saus tomat, brokoli 25gr yang sudah direbus dan dicincang, woter 25gr sudah direbus dan juga dicincang dadu. Cara membuatnya juga sangat mudah.

  • Pertama, campurkan dulu sayuran yang terdiri dari brokoli dan wortel yang sudah direbus dengan mayonaise dan saus tomat. Aduk hingga merata.
  • Selanjutnya, olesi satu lembar roti tawar dengan mayonaise dan sayur yang sudah dibuat sebelumnya secukupnya lalu tambahkan satu lembar keju di atasnya. Setelah itu gulung roti dilanjutkan dengan memadatkan gulungan roti tersebut. Jika sudah padat, letakkan di atas roti lain lalu gulung dan padatkan lagi. Jika sudah bungkus dengan alumunium foil.
  • Diamkan gulungan roti selama kurang lebih satu jam. Jika sudah, buka bungkusannya lalu potong menjadi beberapa bagian sesuai selera.

2. Schotel Mi

Anak-anak biasanya suka dengan makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti mie. Namun jika memberikan anak mie instan dengan banyak kandungan MSG dan pengawet tentu bukan pilihan bijak. Anda bisa membuat sendiri camilan dari mi ini dengan resep camilan untuk anak yang sehat. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah mie kering 100gr, susu cair 800ml, telur 8 butir, wortel 100gr diiris korek api, kacang polong 100gr, buncis, keju parut dan keju potong dadu, garam, lada, pala bubuk, gula pasir dan margarin. Cara membuatnya:

  • Rebus dulu mi sampai setengah matang kemudian tiriskan.
  • Campurkan bahan-bahan sayuran seperti wortel, buncis, kacang polong dan keju parut dan mi yang sudah direbus tadi lalu aduk semua bahan hingga merata. Jika sudah, masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin sebelumnya.
  • Di wadah lain, campurkan telur, susu, garam, pala, lada dan gula pasir lalu aduk sampai adonan merata. Jika sudah merata, tuangkan ke dalam loyang yang sebelumnya sudah diisi dengan adonan mie dan sayuran. Taburkan keju yang sudah dipotong dadu di atas adonan.
  • Panggang di dalam oven dengan suhu 175°C hingga matang selama beberapa menit. Jika sudah, sajikan schotel mi ini selagi masih hangat.

3. Omelet Keju

Ketika dalam masa pertumbuhan, anak sangat membutuhkan asupan protein untuk membantu tumbuh kembangnya. Untuk memenuhi kebutuhan

Omelet jamur
https://resepkita.net

protein ini, Anda bisa mencoba resep camilan untuk anak yang lezat dan sehat dari bahan utama telur dan keju ini. Untuk membuat menu ini, Anda membutuhkan bahan:

  • Telur 3 butir
  • Garam ½ sdt
  • Merica bubuk ½ sdt
  • Susu cair tawar 75ml
  • Margarin 1sdm
  • Keju cheddar parut 75gr
  • Bawang bombay ¼ buah, cincang
  • Jamur kancing 5 buah, iris tipis-tipis
    Setelah menyiapkan bahan-bahannya, berikut adalah cara membuat omelet keju.
  • Kocok telur yang sudah ditambahkan dengan merica bubuk dan garam. Tambahkan juga susu cair tanpa rasa lalu aduk lagi hingga tercampur secara merata.
  • Setelah itu, panaskan wajan dengan margarin di atasnya. Jika sudah panas, tumis bawang bombay sampai tercium aromanya atau sampai berubah layu. Selanjutnya masukkan jamur kancing dan tumis lagi sampai kedua bahan itu matang. Jika sudah matang, langkah selanjutnya adalah siram dengan kocokan telur yang sudah Anda buat sebelumnya. Ratakan dan masak dengan api sedang sampai matang.
  • Jika telurnya sudah terlihat mulai matang, taburkan keju parut di atas telur lalu lipat telur menjadi dua bagian. Masak lagi hingga telur benar-benar matang dan omelet keju siap dihidangkan.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak juga bisa diberikan melalui camilannya lho. 3 resep camilan untuk anak di atas bisa menjadi inspirasi camilan yang tidak hanya lezat dan disukai anak-anak namun juga bisa memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari anak-anak.