Resep Lasagna Lezat Untuk Menurunkan Berat Badan

Posted on

Ingin mencoba resep lasagna lezat yang dibuat khusus untuk program diet? Upaya menurunkan berat badan tidak selalu harus dilakukan dengan menjauhi makanan daging yang dikenal banyak mengandung lemak. Diet bijak bukanlah dengan menggikuti mitos yang ada melainkan dengan pengetahun dan pengenalan terhadap kebutuhan tubuh diri sendiri.

Advertisements

Tubuh memang sangat membutuhkan protein terutama untuk menjalankan berbagai fungsi, struktur, dan regulasi jaringan dan juga untuk meningkatkan organ tubuh. Protein juga diperlukan untuk pembentukan sel-sel darah merah.

Begitu juga lemak diperlukan tubuh untuk beragam fungsi, seperti mengangkut vitamin ke seluruh tubuh, sebagai sumber energi, membantu pembentukan hormon, membentuk membran sel, membentuk bagian otak dan sistem saraf, maupun memberikan rasa kenyang lebih lama.

resep lasagna

Ada banyak model diet untuk menurunkan berat badan. Diet tinggi protein ataupun tinggi lemak dan rendah karbohidrat termasuk salah satu jenis diet yang cukup popular. Diet seperti ini sangat disukai karena bisa menurunkan berat badan tanpa meninggalkan kebiasaan makan enak.

Namun perlu diketahui bahwa struktur dan karakter tubuh setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang berhasil dengan suatu program diet namun gagal atau malah tidak baik bagi orang lain. Karena itu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu program diet yang akan anda jalankan dengan ahli gizi anda.

Nutrisi Daging Sapi dan Olahannya

Daging sapi merupakan termasuk jenis makanan yang popular dan sangat disukai masyarakat. Banyak jenis makanan yang lezat dan enak bisa dibuat dari olahan daging sapi. Daging sapi ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan gizi dalam daging sapi meliputi protein, kalori, zat besi, selenium, seng dan zinc, vitamin b kompleks, dan omega 3. Dalam setiap 100 gram daging sapi terdapat nutrisi sebanyak 18,8 gr protein, 201 Kkal, 14 gr lemak, 2,8 mg zat besi, dan 11 mg kalsium.

Resep Lasagna untuk Diet

Lasagna merupakan salah satu jenis masakan ala Italia yang juga sangat disukai masyarakat Indonesia. Namun berbeda dengan resep lasagna yang biasanya menggunakan pasta, kali ini olahan dagig sapi ini dibuat tanpa pasta karena khusus untuk diet.

Pasta mengandung banyak karbohidrat yang justru dihindari untuk program diet ini. Untuk mengganti pasta, dalam resep ini akan digunakan terong yang yang tak kalah nikmatnya. Terong yang diiris-iris ini baik untuk diet rendah karbohidrat.

Untuk bahan-bahan yang digunakan dalam resep lasagna meliputi :

  • daging sapi giling
  • keju ricotta
  • ½ cangkir saus marinara
  • keju mozzarella
  • keju parmesan
  • sebuah terong yang diiris tipis
  • minyak zaitun
  • 2 sdm garam
  • kaldu sapi

Untuk cara membuat resep lasagna adalah sebagai berikut:

  1. Letakkan terong yang sudah diiris tipis di atas piring dengan permukaan datar atau rata. Lalu taburkan garam sebanyak 2 sendok makan di atasnya. Diamkan sekitar 20 menit untuk mengeluarkan air terong hingga kering.
  2. Setelah terong kering lalu tuangkan minyak zaitun di atas terung sambil dibolak-balik sampai kedua sisinya tertutup dan panggang dalam oven dengan suhu sekitar 200C selama sekitar 10 menit.
  3. Sambil menunggu terong dipanggang, daging giling dimasak selama sekitar 10-12 menit.
  4. Siapkan mangkuk untuk mengaduk campuran tumisan daging, keju ricotta, dan kaldu sapi.
  5. Siapkan juga mangkuk lain untuk membuat campuran keju mozzarella dan keju parmesan dan aduk hingga merata.
  6. Siapkan loyang yang sudah diberi minyak lalu tuangkan saus marinara sebanyak setengah cangkir di atasnya.
  7. Irisan terung yang sudah dipanggang disusun di atas saus lalu tuangkan beberapa sendok campuran keju ricotta dan sosis. Setelah itu tuang lagi campuran keju mozzarella dan parmesan hingga adonan habis.
  8. Selanjutnya tutup lasagna dengan aluminum foil dan panggang selama sekitar 30-40 menit.
  9. Setelah itu lepaskan aluminum foil dan panggang lagi sekitar 10 menit sampai bagian atasnya terlihat sudah berwarna coklat.
  10. Setelah diangkat dari oven sebaiknya dinginkan dulu sekitar 20 menit sebelum disajikan.

Demikianlah informasi ringan tentang resep lasagna yang lezat untuk variasi makanan diet dalam menurunkan berat badan yang semoga bermanfaat untuk anda.