Tips Mengolah Cumi yang Benar, Mulai dari Membersihkan Hingga Memasak

Posted on

Makanan dari bahan-bahan dari laut memang lezat dan bergizi. Namun, tak sedikit orang yang bisa mengolah hidangan laut itu dengan benar. Banyak juga yang mengalami masakan masih berbau amis bahkan ketika sudah dimasak. Bahan dari laut memang cenderung sulit untuk diolah, terutama cumi. Jika Anda tidak bisa memasaknya dengan benar, tidak hanya akan meninggalkan bau amis, bahkan juga membuat cumi menjadi alot saat dimakan. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah tips mengolah cumi yang benar berikut ini.

Tips Mengolah Cumi yang Benar Agar Tidak Amis dan Alot Plus Resep Olahan Cumi Mudah

Cumi dianggap sebagai salah satu bahan makanan dari laut yang cukup sulit untuk diolah. Ada resiko bau amis yang tertinggal dan cumi menjadi alot saat dimakan. Nah, untuk menghindari hal tersebut, perhatikan tips mengolah cumi yang benar berikut. Dimulai dari cara memilih dan membersihkan hingga cara memasak yang benar.

1. Pilih Cumi yang Masih Segar dan Bersihkan dengan Benar

Saat membeli pastikan Anda memilih cumi yang masih segar dan kondisi fisiknya masih baik seperti dagingnya tidak kemerahan dan tidak berbau busuk, atau pilihlah cumi yang dagingnya masih kenyal dan padat. Jika sudah, saat membersihkan cumi, usahakan untuk membersihkan tintanya terlebih dahulu. Bersihkan dengan hati-hati dan jangan sampai tintanya mengenai bagian daging cumi. Setelah itu cabut tulang rawan dan kulit arinya. Caranya bersihkan saja bagian luar kulit cumi lalu bersihkan kotorannya.

2. Gunakan Bahan yang Bisa Menghilangkan Amis

Sebelum cumi mulai dimasak agar tidak amis, tips mengolah cumi yang benar selanjutnya adalah dengan melumuri daging cumi dengan bahan yang bisa menghilangkan amis. Anda bisa menggunakan jahe yang sudah diparut, jeruk nipis atau asam jawa. Lumuri cumi dengan bahan-bahan ini setelah dibersihkan atau sebelum dimasak. Setelah dilumuri bahan-bahan ini, usahakan untuk langsung dimasak dan jangan didiamkan dalam waktu yang lama.

Selain cara membersihkan, cara memasak cumi juga harus diperhatikan. Agar cumi tidak amis dan tidak alot, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Jangan Terlalu Lama Saat Memasak
    Agar olahan cumi Anda tidak alot, tips mengolah cumi yang benar saat memasaknya adalah jangan dimasak terlalu lama. Waktu paling ideal untuk memasak cumi adalah 3 menit. Jika masakan Anda terlalu lama, lanjutkan saja proses memasaknya selama 30 menit lagi agar daging cumi bisa kembali menjadi empuk.
  2. Masukkan Cumi ke Dalam Air Dingin
    Jika cumi tidak langsung dimasak, Anda bisa merebus dulu cumi yang sudah dibersihkan. Agar saat dimasak dagingnya tidak alot, masukkan daging cumi yang suda direbus ke dalam air dingin. Dengan begitu daging cumi akan tetap empuk meskipun tidak langsung dimasak.
  3. Dimasak Secara Terpisah
    Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda ingin mengolah cumi menjadi olahan berbentuk sop. Masak cuminya secara terpisah dari bahan-bahan lainnya dengan waktu yang lebi singkat. Dengan begitu cumi tidak akan alot.

Setelah memahami tips mengolah cumi yang benar seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa resep olahan cumi yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah cumi goreng tepung di bawah ini. Sebelum membuat cumi goreg tepung, siapkan 250gr cumi, air jeruk nipis, merica bubuk, bahan basah yang terdiri dari putih telur 1 butir, tepung sagu 1sdm dan air. Campur semua bahan hingga tercampur rata. Untuk bahan kering ada tepung bumbu ½ gelas, tepung sagu 3sdm, dan tepung beras 1sdm. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

  • Setelah cumi dicuci bersih, beri air jeruk nipis dan merica lalu balurkan secara merata sambil diremas-remas. Diamkan selama 5 menit. Lalu masukkan ke dalam bahan basah yang sudah disebutkan di atas.
  • Setelah dimasukkan ke bahan basah, masukkan lagi cumi ke dalam bahan kering. Buat agar cumi tertutup keseluruhan oleh bahan kering. Anda bisa membalurnya dengan tangan atau hanya menggoyangkan wadah bahan keringnya.
  • Selanjutnya masak cumi yang sudah dimasukkan ke dalam bahan kering ke dalam minyak panas. Tips memasak cumi dengan digoreng agar tidak alot adalah dengan menggunakan teknik deep fry, yaitu dengan minyak yang banyak dan minyak harus benar-benar dalam keadaan panas.

Nah, itulah tadi tips mengolah cumi yang benar mulai dari proses membersihkan hingga proses memasaknya. Resep mengolah cumi yang mudah di atas juga bisa Anda terapkan sendiri di rumah untuk membuat kudapan yang lezat.