Tips Olahan dan Cara Memasak Daging yang Sehat

Posted on

Apakah anda sudah yakin olahan daging yang anda lakukan sudah benar? Bagaimana pula cara memasak daging yang sehat?

Daging merupakan sumber makanan penting yang sangat dibutuhkan tubuh. Daging lezat dan bisa diolah menjadi aneka menu, daging juga kaya dengan berbagai nutrisi penting. Sebaliknya, daging juga menjadi sumber lemak dan kolesterol jahat jika tidak tepat dalam mengolah dan memasaknya.

Kandungan Nutrisi Beberapa Jenis Daging

Untuk mengetahui manfaat daging dalam olahan masakan kita, ada baiknya anda mengetahui komposisi kandungan nutrisi beberaja jenis daging yang paling sering kita konsumsi.

Daging Sapi

Daging sapi merupakan jenis daging yang paling populer dan paling disukai dari berbagai jenis daging merah. Daging sapi mampu menyuplai sekitar 60 persen kebutuhan protein harian tubuh.

cara memasak daging yang sehat

Daging sapi juga kaya dengan kandungan vitamin B12 dan B6 yang penting untuk membantu produksi sel darah merah, menjaga sistem saraf yang sehat, dan meningkatkan metabolisme sel.

Daging sapi juga kaya mineral penting seperti fosfor, zinc, zat besi, dan selenium yang penting untuk tubuh. Mineral ini diantaranya berguna untuk mencegah kerusakan dinding pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan aterosklerosis.

Daging Kambing

Daging kambing kaya dengan zat besi, protein berkualitas tinggi, seng yang penting untuk tubuh.

Daging Ayam

Daging ayam juga sumber protein yang penting, bahkan mampu memenuhi 60 persen kebutuhan protein harian tubuh. Ayam juga banyak mengandung niasin (vitamin B3), vitamin B6, dan selenium yang bermanfaat untuk sistem saraf, menjaga kesehatan kulit, melancarkan metabolisme tubuh, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengkonsumsi daging yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol bisa meningkatkan kadar lemak dan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh. Hal ini akan membawa berbagai risiko, seperti penyakit jantung, stroke, risiko terjadinya aterosklerosis, hingga obesitas.

Tips Olahan Daging yang Benar

Selain berbagai manfaat, daging juga memiliki kelemahan dari kandungan lemaknya (terutama lemak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal) maupun kolesterolnya yang cukup tinggi. Daging sapi yang dimasak dengan tidak benar bukan saja akan mengundang penyakit namun juga bisa meningkatkan risiko kanker. Karena itu berikut beberapa tips olahan daging yang benar yang sebaiknya anda perhatikan.

Tips Memilih Daging

Membeli daging sebaiknya jangan dilakukan asal-asalan. Sebagai pembeli sebaiknya anda memilih bagian daging sapi yang lemaknya sedikit, seperti bagian paha depan dan belakang, bagian pinggang, atau has luar (sirloin).

Untuk daging sapi, pilih yang warnanya merah segar dan bersih. Sebaliknya, hindari membeli daging sapi yang terlihat kotor, berlendir, maupun yang warnanya terlihat kecokelatan. Hindari juga mengkonsumsi daging olahan seperti sosis, hot dog, ataupun daging asap.

Tips Menyimpan Daging

Cara menyimpan daging yang benar juga dapat menjaga nutrisinya dan memperpanjang umur simpan daging. Karena itu sebaiknya segera simpan daging dalam kulkas segera seteah membelinya. Atur kulkas dengan suhu 1 derajat Celcius dan penyimpanan inipun sebaiknya tak lebih dari 2 atau 3 hari saja dan segera diolah atau dimasak. Jika disimpan dalam freezer bisa bertahan lebih lama lagi.

Cara Memasak Daging yang Sehat

Cara memasak daging yang sehat dan benar bisa menjadi jalan terbaik untuk menjaga nutrisi daging. Berikut ini beberapa tips memasak daging yang benar yang sebaiknya anda tahu:

Cuci tangan terlebih dahulu sebelum mengolah daging dan gunakan pisau maupun peralatan yang berbeda dengan makanan lain untuk mencegah penyebaran bakteri dari daging.
Sebelum daging masak sebaiknya buang terlebih dahulu bagian lemaknya.

Dalam memasak daging sangat disarankan untuk mengolahnya dengan cara memanggang atau merebus dan bukan dengan cara menggoreng.

Kalaupun harus diolah dengan digoreng, sebaiknya gunakan minyak goreng yang sehat, seperti minyak zaitun, minyak kedelai, minyak kanola, atau minyak kelapa murni. Hindari menggunakan minyak goreng sawit yang kurang baik untuk kesehatan.

Demikianlah beberapa tips olahan dan cara memasak daging yang sehat dan benar yang wajib aanda tahu.