Tips Praktis Cara Membuat Nata de Coco Kering

Posted on

Pengetahuan tentang cara membuat nata de coco sangat penting terutama bagi anda yang ingin menjalankan usaha rumahan yang cukup menguntungkan. Informasi ini juga penting bagi anda yang ingin membuat makanan hasil olahan sendiri untuk pesta atau pertemuan keluarga besar.

Advertisements

Umumnya nata de coco yang dijual dipasaran dibuat dalam bentuk basah dan dikemas dalam kemasan yang berisi cairan. Produk ini kebanyakan juga sudah dipotong-potong dalam bentuk kotak kecil-kecil yang siap konsumsi. Namun daya tahan nata basah semacam ini kebanyakan tidak lama sehingga jika tidak laku akan merugikan bisnis. Karena itulah perlunya alternatif produk dengan cara membuat nata de coco dalam bentuk kering yang bisa tahan lebih lama.

Ada banyak keunggulan dan kelebihan nata de coco kering sebagai produk bisnis. Selain daya tahan yang lebih lama dan panjang, tingkat risiko kerusakannya juga lebih kecil dan nilai ekonomisnya tentu saja lebih besar. Malah permintaan negara lain terhadap nata de coco dari negara kita terus meningkat. Dengan nata de coco dalam bentuk kering anda bisa melakukan ekspor tanpa takut basi sebelum sampai tujuan.

Tahapan Cara Membuat Nata De Coco Kering

Lantas bagaimana cara membuat nata de coco kering yang baik? Caranya cukup mudah, tinggal menambahkan proses perendamana dan pengeringan terhadap lembaran nata de coco basah yang telah jadi. Dengan bentuk kering, maka lembaran nata bisa ditumpuk dan dikemas dengan menggunakan kemasan apapaun yang sangat fleksibel.

Baiklah agar tahapannya diketahui secara detail, berikut ini langkah-langkah cara membuat nata de coco kering yang perlu dilakukan.

  1. Beli saja lembaran nata de coco basah yang banyak dijual para produsen ataupun di pasar. Saat membeli pilihlah nata mentah yang padat dan kondisinya baik.
  2. Cuci semua lembaran nata mentah dengan menggunakan air hingga bersih.
  3. Selanjutnya kurangi kadar air pada lembaran nata mentah dengan cara di press atau diperas. Hati-hati saat menge-press nata agar bentuknya tidak rusak. Setelah itu masukkan lembaran nata dalam larutan BTM yang telah disiapkan.
  4. Setelah selesai lakukan pengepresan atau diperas lagi guna mengurangi kandungan air maupun larutan BTM. Bersihkan nata dengan menggunakan air untuk menghilangkan cairan BTM.
  5. Selanjutnya dilakukan perendaman dalam larutan gula agar nata lebih padat dan menarik.
  6. Setelah selesai nata lalu dipress atau diperas lagi untuk mengurangi kandungan gula maupun air. Lakukan juga pencucian untuk mengurangi atau mencegah terjadinya kandungan gula yang berlebihan.
  7. Langkah terakhir adalah melakukan pengeringan dengan cara dioven dengan suhu sekitar 150 derajat celcius selama sekitar 8 jam. Jika telah selesai nata de coco kering pun siap dibungkus dan dikemas untuk dipasarkan dan dijual.

Demikian tahapan dan langkah membuat nata de coco dalam bentuk kering yang sangat bernilai ekonomis. Semoga informasi singkat cara membuat nata de coco kering ini berguna untuk anda.