Unik dan Berbeda, 3 Resep Kuliner Khas Jawa Timur Ini Akan Membuat Anda Ketagihan

Posted on

Jawa Timur terkenal sebagai daerah dengan kekayaan budaya yang beraneka ragam. Keanekaragaman budaya dari Jawa Timur ini juga turut mempengaruhi cita rasa kulinernya yang khas. Dibandingkan dengan daerah lain di Jawa, resep kuliner khas Jawa Timur memiliki ciri khas rasa yang pedas dan gurih. Beberapa bahkan memiliki cita rasa unik yang tidak akan Anda temukan dari kuliner daerah lain. Seperti beberapa jenis masakan berikut.

Advertisements

Cara Membuat dan Resep Kuliner Khas Jawa Timur yang Terkenal

1. Rawon

Siapa yang tidak kenal makanan dengan warna hitam pekat ini. Ya, rawon sudah terkenal sebagai salah satu resep kuliner khas Jawa Timur yang memiliki tampilan dan rasa yang unik. Bahan dasar untuk membuat rawon ini adalah daging sapi yang sedikit berlemak. Untuk bahan tambahannya ada tauge pendek, dan biasanya disajikan dengan sambal dan kerupuk. Selain itu, yang khas adalah tambahan bahan luwek yang membuat kuah rawon bisa berwarna hitam. Untuk membuatnya, berikut adalah langkah yang bisa Anda ikuti.

  • Haluskan bumbu yang terdiri dari bawang merah 4 buah, bawang putih 2 siung, garam dan merica secukupnya, kemiri 4 butir, cabai merah 2 buah. Jangan lupa juga buah kluwek yang sudah diambil isinya. Setelah semua bahan ini dihaluskan tumis bersama dengan 2 lembar daun salam, 4 daun jeruk, serai 1 batang dan 2cm lengkuas. Tumis hingga bumbu harum.
  • Sambil memasak bumbu halus, panaskan 6 gelas air atau air secukupnya di dalam panci. Jika air sudah mendidih, masukkan daging yang sudah dipotong dadu dan masak hingga daging matang atau empuk.
  • Untuk menghidangkan rawon sebaiknya dengan nasi putih yang ditaburi tauge kecil dan ditambahkan sambal secukupnya. Jangan lupa beri kerupuk udang untuk membuat cita rasa rawon lebih lezat.

    Unik dan Berbeda, 3 Resep Kuliner Khas Jawa Timur Ini Akan Membuat Anda Ketagihan
    https://resepkita.net/unik-dan-berbeda-3-resep-kuliner-khas-jawa-timur-ini-akan-membuat-anda-ketagihan

2. Nasi Pecel

Tidak lengkap rasanya jika membahas resep kuliner khas Jawa Timur tanpa membicarakan pecel. Setiap daerah punya ciri khas pecel masing-masing, namun secara umum untuk membuat pecel Anda harus menyiapkan bahan utama yang terdiri dari kacang tanah, daun jeruk, air asam, cabai rawit, bawang putih, kencur, gula merah dan garam. Sebagai bahan pendamping ada sayur-sayuran yang terdiri dari daun bayam, tauge, kacang panjang, bunga turi, mentimun dan sayuran lain yang bisa Anda tambahkan sesuai selera. Untuk membuatnya, Anda bisa mengikuti langkah berikut.

  • Haluskan bumbu pecel yang terdiri dari 350 gr kacang tanah yang sudah digoreng, cabai rawit sesuai selera, 3 siung bawang putih, kencur, air asam 2 sdm, daun jeruk 2 lembar, gula merah iris 3sdm, dan garam. Haluskan semua bumbu hingga terbentuk bumbu dalam bentuk padat.
  • Rebus sayuran yang sudah disiapkan sebelumnya. Saat merebus sayurannya jangan terlalu lama agar sayuran tidak terlalu lembek. Untuk beberapa jenis sayuran seperti mentimun atau kemangi bisa Anda hidangkan tanpa perlu dimasak sebelumnya. Jika sayuran sudah matang, tiriskan.
  • Uleni bumbu pecel padat yang sudah Anda buat dengan air asam dan sedikit air putih hingga menjadi lebih encer. Lalu siapkan sayuran yang sudah Anda masak di atas piring. Siram dengan bumbu pecel dan sajikan bersama rempeyek.

3. Tahu Tek

Resep kuliner khas Jawa Timur selanjutnya berasal dari kota Pahlawan Surabaya. Untuk membuat masakan ini Anda harus menyiapkan tahu, kentang yang sudah direbus, telur yang dikocok lepas lalu digoreng, tauge pendek, lontong dan mentimun. Sedangkan untuk bumbu tahu tek Anda harus menyiapkan petis hitam 3sdm, kacang tanah 3sdm yang sudah digoreng, bawang putih 1 siung, cabe rawit sesuai selera, kecap manis 2sdm, garam secukupnya dan air. Ikuti langkah di bawah ini untuk membuatnya.

  • Saat membuat tahu tek, yang paling penting dari resep kuliner khas Jawa Timur satu ini ada pada bumbunya. Untuk membuat bumbunya, haluskan kacang tanah yang sudah digoreng bersama cabe rawit, petis hitam, bawang putih, kecap manis dan garam. Jika bumbu dasar sudah tercampur, tambahkan air untuk membuatnya jadi sedikit lebih encer.
  • Sambil menghaluskan bumbu, Anda bisa menggoreng tahu dan kentang yang sebelumnya sudah direbus lalu dipotong kotak-kotak kecil. Setelah tahu dan kentang matang, selanjutnya goreng telur.
  • Sajikan tahu, kentang dan telur di atas lontong yang sudah dipotong kecil-kecil. Tambahkan juga mentimun dan tauge di atasnya. Selanjutnya siramkan bumbu yang sudah dihauskan dan ditambah air di atas penyajian. Terakhir taburkan bawang goreng dan kerupuk di atasnya.

Jawa Timur juga kaya akan kuliner khas yang berbeda dari daerah lainnya. Seperti 3 resep kuliner khas Jawa Timur yang sudah disebutkan di atas. Resep di atas tergolong sebagai resep yang mudah untuk dibuat sendiri. Selamat mencoba.